10 Minuman Sehat Bagi Wanita Hamil

72

JAKARTA (Lumennews.id) – Kehamilan sama seperti naik roller coaster dengan banyak perubahan suasana hati, mual, dan pusing. Wanita hamil sering disarankan untuk apa yang harus dimakan dan tidak dimakan selama hamil, tetapi hampir tidak ada yang memberi tahu mereka apa yang harus diminum selama kehamilan.

Apa pun yang dikonsumsi ibu akan berdampak langsung pada kesehatan bayi. Oleh karena itu, mereka harus sangat berhati-hati tentang apa yang harus mereka makan dan minum.

Dokter menyarankan agar wanita hamil harus menghindari alkohol dan merokok. Sangat penting untuk tetap terhidrasi selama semua trimester karena kebutuhan cairan meningkat dalam durasi ini. Berikut, dilansir dari Indiatimes, beberapa minuman umum namun sehat yang dapat boleh dikonsumsi ibu hamil:

1. Susu

Jelas, susu adalah minuman pertama yang muncul dalam pikiran.  Sebab susu Itu kaya akan kalsium, vitamin B12, dan protein yang membantu dalam perkembangan yang lebih baik dari bayi yang belum lahir.

2. Susu kedelai

Jika Anda tidak toleran laktosa, maka Anda selalu dapat meminum susu kedelai, karena kandungan protein dan kalsiumnya tinggi, yang membantu perkembangan tulang yang lebih baik bagi bayi Anda.

3. Perasan Lemon

Lemon membantu dalam mencegah mual dan juga mendetoksifikasi tubuh Anda, yang membantu Anda tetap dalam suasana hati yang lebih baik selama periode kehamilan.

4. Air Kelapa

Selama kehamilan, sangat penting untuk mengembalikan elektrolit dan garam mineral dalam tubuh, karena Anda kehilangan banyak dari mereka saat berkeringat, dan bayi paling membutuhkannya. Air kelapa juga mencegah dehidrasi, konstipasi dan stroke panas.

5. Jus Wortel

Anda harus minum jus wortel setiap hari, karena kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu dalam produksi sel yang lebih baik.

6. Es Teh

Anda bisa minum es teh, bukan teh hangat atau kopi untuk mencegah mual di pagi hari dan juga menyegarkan Anda sepanjang hari. Sebagian besar dokter kandungan menganjurkan agar Anda menghindari kopi karena menyebabkan insomnia dan lekas marah, yang dapat memperparah gejala Anda.

7. Buah mocktail

Anda dapat membuat moktail yang dibuat menggunakan jus buah. Pastikan bahwa mocktail harus benar-benar dibuat dengan jus buah dan tidak ditambahkan dengan soda karena mereka berkarbonasi dan tidak sehat untuk Anda berdua!

8. Smoothie

Smoothies dapat menjadi camilan yang ideal untuk Anda selama periode kehamilan karena mereka membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan protein tambahan.

9. Buttermilk

Buttermilk, yang umumnya dikenal sebagai ‘chach’, bisa sangat bagus untuk menyegarkan suasana hati Anda serta usus Anda.

10. Air

Air adalah minuman paling penting selama perjalanan sembilan bulan Anda dengan bayi yang belum lahir. Tubuh Anda 70 persen air, tetapi 80 persen tubuh bayi Anda terdiri dari air karena persentase air menurun seiring bertambahnya usia. Air juga membantu dalam menyembuhkan perubahan suasana hati dan mual, yang merupakan gejala umum kehamilan. Anda juga dapat memasukkan air dengan berbagai buah dan sayuran seperti lemon, kiwi, mint, dll, untuk rasa yang menyegarkan. (Rep/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here