7 Prospek Pekerjaan bagi Lulusan Hubungan Internasional

53

JAKARTA (Lumennews.id) – Mahasiswa yang kuliah di Jurusan Hubungan Internasional (HI) acap kali dikaitkan dengan pekerjaan sebagai “diplomat” karena sepanjang studi, mahasiswa jurusan ini diajarkan mengenai cara membangun komunikasi yang baik dengan negara-negara di dunia.

Padahal, masih banyak mata kuliah penunjang yang harus dipelajari yang dapat menantarkan para lulusan HI ini menjelajahi pekerjaan lainnya.

Seperti dikutip dari Cermati, berikut tujuh jenis pekerjaan bagi lulusan Hubungan Internasional.

1. International Officer

Bekerja di kantor bertaraf internasional menjadi suatu hal bergengsi bagi mahasiswa lulusan HI. Mereka dapat melamar posisi international officer. Jika lulus nanti, mereka akan ditempatkan di instansi internasional, seperti Kementerian Luar Negeri, Duta Besar, dan Konsulat.

Selain itu, mereka juga berhak berpartisipasi di berbagai organisasi internasional, misalnya INGO (International non-governmental organization). Agar pelaksanaan kerja dan hasil yang didapat maksimal, lulusan inilah yang paling dibutuhkan untuk menempati posisi di atas. Sedangkan peluang bagi lulusan jurusan lain sangat kecil jika ingin mendaftar menjadi salah satu international officer.

2. Politikus

Suatu negara tidak pernah lepas dari isu-isu politik yang dapat mengakibatkan kesejahteraan atau bahkan kehancuran bagi negara lain. Berbekal ilmu diplomasi, lulusan HI tahu betul apa yang harus dilakukannya. Apalagi mereka juga sudah ahli untuk berbicara dengan orang lain.

Jika kamu bercita-cita menjadi politikus handal, aktiflah dalam organisasi di kampus. Di sini, kamu dapat meluapkan pendapatmu mengenai politik yang ada di suatu negara. Selain itu, kemampuan public speaking kamu juga akan terasah dengan baik.

3. Jurnalis

Menjadi seorang jurnalis adalah profesi yang tidak kalah menjanjikan di Jurusan Hubungan Internasional. Terlatih untuk berpikir kritis menjadi modal utama yang dibutuhkan pada profesi ini, terutama untuk kasus-kasus bertaraf internasional.

Tidak hanya bermodal berpikir kritis saja, tapi jurnalis juga harus mampu mengolah kata-kata dan merangkainya dalam bentuk kalimat yang mengalir dan enak dibaca alias mudah dipahami. Seorang jurnalis juga harus up to date terhadap peristiwa berbasis internasional untuk dijadikan bahan laporan.

4. Dosen

Jika Anda mahir menjalin relasi, menyampaikan opini, dan menguasai seluk beluk diplomasi serta politik dengan baik, Anda memiliki peluang besar menjadi seorang dosen. Akan tetapi, menyandang gelar sarjana saja tidak cukup karena Anda harus melanjutkan studi untuk mendapat gelar master dan doktor.

Meskipun bidang pekerjaannya hanya mengajar saja, tapi seorang dosen juga harus peka terhadap isu-isu politik. Jika suatu saat mahasiswa bertanya mengenai politik, setidaknya dosen tahu harus menjawabnya dengan kalimat apa.

5. Konsultan Intrnasional

Bidang pekerjaan konsultan internasional tidak hanya sebagai penasihat, tapi juga sebagai pemerhati dan pendamping klien yang berasal dari berbagai negara. Dalam pelaksanaan tugas, konsultan internasional akan mengalami berbagai macam masalah, seperti bahasa, kepercayaan diri, hingga hambatan untuk menguasai isu-isu politik yang sedang berkembang.

Agar kerjasama internasional tetap langgeng, diperlukan konsultan internasional yang handal dalam menjalin komunikasi dan memberi masukan kepada negara yang membutuhkan agar masalah yang terjadi cepat terselesaikan.

6. Entrepreneur

Tentu saja, lulusan HI juga bisa menekuni dunia usaha (entrepreneur) kendati mungkin terdengar asing di telinga. Jika ditelaah, Sarjana HI sangat dibutuhkan dalam proses branding agar suatu produk dapat meroket ke taraf internasional.

7. Penulis

Saat duduk di bangku kuliah dahulu, mahasiswa Jurusan HI sering ditugasi untuk menyelesaikan resume dan review tertentu. Nah, bermodalkan pengalaman ini, lulusan HI juga dapat beralih profesi menjadi seorang penulis.

Mereka yang terlatih memunculkan ide dan merangkai kata-kata berpeluang besar menjadi penulis terkenal. Bahkan Sarjana HI yang dulunya hanya berstatus sebagai penulis biasa, dapat melambung menjadi terkenal yang karyanya bahkan bisa diakui khalayak umum. (lip6/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here