Aktivitas Fisik Ringan yang Bikin Otak Anak Fokus

64

JAKARTA (Lumennews.id) – Anak-anak yang sudah bersekolah baik di tingkat SD hingga SMA seringkali berkutat dengan seabreg pekerjaan rumah (PR).

Oleh karena otak dan fisik yang merasa lelah, membuat anak seringkali kesulitan menyelesaikannya. Jika mendapati buah hati tampak sulit saat mengerjakan PR, cobalah lakukan beberapa aktivitas fisik.

Aktivitas ini dikenal dengan sebutan brain breaks. Merupakan cara sederhana untuk melawan frustrasi dan meningkatkan fokus dan memenuhi kebutuhan harian anak untuk aktivitas fisik.

Gerakan brain breaks harus aktif dan menyenangkan. Anda pun bisa mengajak anak melakukannya saat berada di rumah. Apa saja yang bisa dilakukan saat brain breaks, berikut penjelasannya seperti dikutip Verywell Family pada Minggu, 2 September 2018.

– Lompat-lompatan

Bisa melakukan permainan lompat tali, melompat dari satu titik ke titik lain atau melakukan lompatan sebanyak mungkin selama 60 detik. Dengan melompat akan memompa aliran darah jadi lebih kencang termasuk ke area otak.

– Peregangan

Kondisi otot yang tegang, tubuh yang kaku, membuat anak jadi tak bisa berpikir secara jernih.

Untuk itu ajaklah ia melakukan pose yoga dan melakukan peregangan otot. Tarik napas secara perlahan lewat hidup dan buang melalui mulut.

– Permainan keseimbangan

Minta anak untuk menaruh kertas di kepalanya, kemudian berjalan. Bisa juga menempatkan benda lain yang ringan. Permainan keseimbangan ini juga cukup efektif untuk merangsang kerja otak. (Lip6/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here