Bisakah Telur Mencegah Kebotakan?

58

TOKYO (Lumennews.id) – Bisakah telur mencegah kebotakan dan kerontokan rambut? Penelitian terbaru yang dilakukan tim dari Jepang mengatakan bahwa jawabannya adalah ‘ya’.

Caranya, dengan mengaplikasikan kuning telur mentah pada area kepala atau memakan langsung telur matang. Hasil temuan itu sudah diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food.

Laporan menjelaskan bagaimana kuning telur dapat merangsang pertumbuhan sel-sel rambut baru. Para ahli telah menanamkan folikel rambut manusia pada tikus dan menemukan bahwa unsur-unsur telur merangsang pertumbuhan sel-sel rambut.

Pasalnya, senyawa dalam kuning telur merangsang faktor pertumbuhan endotel vaskular, protein penting untuk pertumbuhan rambut manusia. Tim penulis menyebutnya sebagai ‘agen stimulasi pertumbuhan rambut’.

 

Penelitian dalam tahap awal ini masih membuktikan studi lanjutan untuk dapat diterapkan meluas. Bagi Anda yang berkutat melawan kerontokan rambut, ada hal lain yang bisa dilakukan selain makan telur.

Salah satunya adalah mencegah stres atau kecemasan berlebihan. Soalnya, kondisi tersebut meningkatkan kadar kortisol alias hormon stres sehingga folikel rambut beristirahat dan tidak lekas tumbuh.

Itu sebabnya stres mempercepat proses kebotakan, apalagi jika seseorang memiliki riwayat kerontokan rambut awal dalam keluarga. Selain berpikir positif, para ahli juga menyarankan untuk berolahraga.

Studi pada 2015 yang terbit di PLOS One membuktikan pentingnya aktif bergerak. Pria dengan tingkat kebugaran kardiorespirasi yang tinggi memiliki kortisol 41 persen lebih rendah daripada mereka yang kurang bugar, dikutip dari laman Men’s Health. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here