Cukupi Pasokan Listrik, PLN Lampung Operasikan PLTG Sutami

61

BANDARLAMPUNG (Lumennews.id) – PT PLN Distribusi Lampung mengoperasikan PLTG Sutami berkapasitas 30 megawatt (MW). Hal ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan pasokan daya listrik daerah setempat hampir 140 MW pascaterbakarnya belt conveyor PLTU Sebalang.

“Kondisi mengakibatkan non-aktifnya PLTU Unit 1 dan 2 di Sebalang, beberapa pekan lalu,” kata Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Distribusi Lampung, Hendri AH, Selasa (4/9).

Ia menjelaskan saat ini daya mampu pembangkit lokal Lampung di angka 612 MW didukung dengan transfer dari Sumbagsel sebesar 300 MW. Total daya mampu Lampung sebesar 912 MW.

Pasokan tersebut digunakan untuk melayani pelanggan se-Provinsi Lampung dengan beban puncak mencapai 1.000 MW. Alhasil, Lampung masih kekurangan daya 88 MW yang menyebabkan masih ada pemadaman bergilir pada waktu beban puncak yakni pukul 17.00-23.00 WIB.

“Dengan beroperasinya PLTG Sutami 30 MW, saat ini kekurangan daya sistem Lampung menjadi sekitar 58 MW. Hal ini tentunya menjadi berita baik bagi masyarakat Lampung, karena waktu pemadaman bergilir dapat diminimalkan,” kata dia.

Selanjutnya, PLTG New Tarahan sebesar 24 MW akan masuk sistem kelistrikan sehingga angka pemadaman bergilir benar-benar bisa ditekan lagi. PLN Lampung juga sedang mengupayakan percepatan pemulihan PLTU Sebalang.

Hendri menjelaskan, PLN saat ini melakukan mobilisasi SDM secara maksimal dan menggunakan peralatan dari pembangkit lain sebagai upaya percepatan pemulihan terhadap instrumen pembangkit yang ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan. (Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here