Ini Alasannya Squishies Dilarang Beredar di Denmark

63

KOPENHAGEN (Lumennews.id) – Mainan Squishies sempat populer di kalangan anak-anak perempuan tanah air. Mainan ini umumnya memiliki beragam bentuk namun amat kenyal dan mudah dibawa-bawa.

 

Meski begitu otoritas di Denmark melarang peredaran mainan tersebut. Otoritas Denmark melarang penjualan squishies karena khawatir mereka bisa berbahaya bagi anak-anak. Badan Perlindungan Lingkungan Denmark menguji 12 produk dan menemukan semuanya dapat menyebabkan efek kesehatan jangka panjang yang berbahaya.

“Ketika semua dua belas mainan [diuji] mengandung sejumlah besar zat berbahaya, lonceng alarm mulai berbunyi,” kata Menteri untuk lingkungan dan makanan Denmark Jakob Ellemann-Jensen, dikutip dari¬†Thesun, Kamis (6/9).

Sementara laporan itu tidak menyebutkan bahan kimia yang berbahaya tersebut. Hanya saja, pemerintah Denmark memperingatkan anak-anak yang tidur dengan mainan di samping mereka atau memiliki beberapa di kamar tidur mereka yang paling berisiko.

“Ini menunjukkan bahwa mungkin ada masalah keseluruhan dengan semua squishies di pasar,” kata¬† Ellemann-Jensen. Masalah serius itu membuat Ellemann-Jensen meminta semua distributor dan importir mengambil tanggung jawab dengan serius dan membuang semua squish.

“Mereka seharusnya tidak dikembalikan ke rak sampai dapat didokumentasikan mereka tidak mengeluarkan bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi anak-anak,” ujar Ellemann-Jensen. Hasil tes tersebut telah disebar ke beberapa negara-negara Eropa lainnya. Namun, Industri Mainan Eropa menyatakan keraguan sebab penelitian masih lemah dan menilai hanya 12 mainan tidak cukup untuk menyerukan larangan.Awal tahun ini, seorang gadis Inggris berusia sembilan tahun menderita luka bakar kimia setelah mainan Soft’n Slo meledak di tangannya. Namun, setelah itu Inggris belum menentukan peraturan yang membahas masalah itu.

Seorang juru bicara dari Departemen Inggris untuk Bisnis, Energi dan Strategi Industri (BEIS), yang mengatur keamanan produk, menyatakan pihaknya belum mengambil keputusan untuk melarang mainan. Namun, mereka menjamin untuk mengutamakan keamanan dengan persyaratan yang ketat bagi produk yang beredar di Inggris. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here