Libatkan Ribuan Anggota, Koperasi Berprestasi Harus Dijaga Bersama

71
Plt Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM, Untung Tri Basuki, sedang memberikan sambutan.

KOTA BEKASI (Lumennews.id) – Plt Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM, Untung Tri Basuki mengatakan, beberapa koperasi bisa mengangkat nama koperasi di Indonesia, sejajar dengan pelaku usaha lain seperti swasta dan BUMN.

Salah satunya adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri Bekasi, yang pada Harkopnas 2018 mendapat penghargaan Koperasi Berprestasi tingkat Nasional 2018.

“KSP Makmur Mandiri juga memiliki rekor tersendiri dengan jumlah cabang yang mencapai 100 lebih dan jumlah karyawan 1.000 orang. Ini adalah gerbong besar yang harus kita jaga bersama-sama, karena melibatkan ribuan orang,” katanya dalam peresmian Kantor Pusat KSP Makmur Mandiri di Bekasi.

Untung menegaskan, berbicara koperasi adalah bagaimana memberdayakan orang dalam hal ini adalah anggota. Semakin banyak anggota, niscaya semakin kuat sebuah koperasi.

“Kita inginkan anggotanya yang banyak. Untuk menjadi anggota koperasi, syaratnya ada dua yaitu cakap melakukan tindakan hukum dan WNI,” katanya.

Karena itu, rekrutmen anggota menjadi penting, berikut pendidikan tentang koperasi. “Disini saya lihat calon anggotanya cukup banyak, saya minta agar pengurus agar segera menjadikan mereka sebagai anggota,” pesan Untung.

Ia berharap, anggota KSP Makmur Mandiri nantinya tak hanya 23 ribu saja, namun bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

Selain itu kata Untung, koperasi juga harus dikelola dengan baik, karena jika pengelola koperasi profesional, akan banyak membuat orang tertarik, demikian juga sebaliknya. (eng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here