Selasa, 11 Desember 2018 --- 13:46
Beranda Megapolitan Sudinhub Jakarta Selatan Bersihkan Jalan Bari Parkir Liar

Sudinhub Jakarta Selatan Bersihkan Jalan Bari Parkir Liar

90
JAKARTA (Lumennews.id) – Petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan (Sudinhub Jaksel) menggelar operasi parkir liar untuk membersihkan kendaraan yang parkir sembarangan pada badan jalan.

Operasi parkir liar yang melibatkan unsur kepolisian, TNI, dan Satpol PP itu digelar di kawasan kompleks perumahan menteri Jalan Widya Chandra, dan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Jumat (7/9).

“Operasi ini merupakan agenda yang penting dilakukan, dan rencananya akan diadakan secara rutin untuk mencegah kendaraan menggunakan badan jalan dan trotoar sebagai lahan parkir dadakan,” kata Kepala Sudinhub Jakarta Selatan Christianto.

Saat dihubungi Christianto menjelaskan razia parkir liar diadakan sebelum Shalat Jumat sekitar pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.

“Hasil Operasi Parkir Liar, puluhan kendaraan ditindak petugas,” ujarnya seraya menambahkan petugas belum menghitung jumlah total kendaraan yang kena razia.

Tindakan yang diberikan petugas gabungan Sudinhub ke para pelanggar, di antaranya mencabut pentil ban kendaraan, pemberian surat tilang.

“Beberapa pengendara yang memarkir kendaraannya sembarangan juga ada yang diberi sanksi push-up dan skot jump,” terang Christianto.

Hukuman tersebut diberikan untuk memberi efek jera bagi para pelanggar yang tidak menaati rambu dan peringatan dari petugas.

“Denda tilang, sebagaimana peraturan perundang-undangan maksimal Rp500 ribu. Apabila ada kendaraan yang diderek, pemilik dapat mengambil langsung ke kantor Sudinhub Jakarta Selatan,” jelas Christianto.

Di kesempatan berbeda, Sudinhub Jakarta Selatan turut menggelar Operasi Kelaikan Jalan untuk Kendaraan Umum di sepanjang Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan.

“Operasi Kelaikan Jalan merupakan agenda rutin, petugas memeriksa surat kendaraan, dan kondisi kendaraan umum yang melintas,” kata Christianto.

Tujuan Operasi Kelaikan, ia menjelaskan, untuk mencegah adanya kecelakaan lalu lintas, khususnya di wilayah Jakarta Selatan. (Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here