Tak Semua Makanan Bisa Diawetkan di Freezer

81

JAKARTA (Lumennews.id) – Sepertiga dari makanan yang ada di dunia berakhir di tempat sampah setiap tahunnya. Ini artinya ada sekitar 1,3 ton sampah makanan yang terbuang. Dengan statistik demikian, sudah saatnya kita lebih cermat memilih dan menyimpan makanan agar dapat dikonsumsi dalam jangka waktu lebih lama.

Salah satu cara agar makanan tak terbuang sia-sia adalah dengan cara menyimpannya di freezer. Namun, tidak semua orang tahu makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh masuk ke freezer. Agar tak salah menyimpan makanan, ahli nutrisi Joanna McMillan membagikan tipsnya.

“Menyimpan di freezer adalah cara yang menakjubkan karena kita bisa mengawetkan makanan tanpa bahan-bahan kimia,” ungkapnya dalam Australia’s Today Show yang dikutip dari Independent.

Menurut Joanna, makanan yang boleh dimasukkan freezer antara lain pasta, nasi, kacang-kacangan, tepung, butter, keju parut, dan pisang yang sudah dikupas. Roti tawar, bumbu masak, kaldu, wine, telur, dan daging baik yang mentah atau yang sudah dimasak juga boleh dimasukkan ke dalam freezer.

Sebaliknya, Joanna mengingatkan ada makanan-makanan yang terlarang diletakkan di freezer. Susu, makanan yang digoreng secara deep fried, krim asam, serta semua kuliner dengan toping remah atau kremesan dilarang sekali-sekali dimasukkan freezer. Karena, rasa dan teksturnya akan berubah ketika kita menyantapnya dari freezer.

Joanna juga memberikan sejumlah tips bagaimana cara menyimpan yang baik di freezer. Jangan buat freezer terlalu penuh untuk menjaga sirkulasi udara. Masukkan makanan ke freezer ketika masih dalam keadaan segar. Untuk bumbu masak, tidak ada salahnya kita mencampurnya dengan air atau minyak zaitun kemudian disimpan dalam wadah es. Selain itu, jangan biarkan makanan keluar masuk freezer berkali-kali. Kemaslah makanan dalam ukuran sekali makan sehingga apa yang sudah dikeluarkan tidak masuk ke freezer lagi.

Perlu diketahui setiap jenis makanan punya batas waktu maksimal penyimpanan. Joanna menyebut jus buah, daging, roti tawar, kaldu, serta cake maksimal disimpan selama enam bulan di freezer. Sedangkan, es krim hanya empat bulan. Untuk ayam utuh dan steak kita bisa menyimpannya selama setahun. (Rep/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here