Waspadai Empat Masalah Aneh yang Menyerang Lidah

61

JAKARTA (Lumennews.id) – Lidah adalah panca indra yang berfungsi untuk mengecap. Tidak hanya itu, lidah juga berfungsi untuk membantu berbicara, mengunyah, dan makan. Terlepas dari itu, lidah juga bisa terkena berbagai macam penyakit.

Lidah mempunyai banyak ujung saraf untuk rasa sakit dan lebih peka dibandingkan organ tubuh lainnya. Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa lidah juga dapat mengungkapkan kondisi kesehatan tubuh.

Di balik semua itu, ternyata lidah juga tidak lepas dari berbagai masalah. Masalah tersebut bahkan kadang bisa mengganggu fungsi dari indera perasa ini. Berikut ini adalah empat masalah aneh yang menyerang lidah.

1. Lidah Geografis

Lidah geografis adalah masalah aneh pertama yang menyerang lidah. Pada kasus yang satu ini, bagian permukaan lidah ini akan terlihat gambar seperti peta. Pada umumnya, permukaan lidah biasanya dilapisi oleh papila, yakni bintik-bintik kasar pada permukaan lidah. Akan tetapi, pada lidah georafis papila tersebut tidak ada.

Tidak hanya gambar peta, bentuk dari permukaan lidah ini dapat berubah-ubah. Kondisi ini akan membuat lidah menjadi terlihat aneh. Akan tetapi, sebenarnya lidah geografis ini bukan merupakan masalah yang terlalu berbahaya dan tidak ada kaitannya dengan jenis kanker ataupun infeksi.

Namun, penyebab dari lidah geografi tersebut masih belum diketahui pasti hingga saat ini. Hanya sekitar 1-3 persen yang ditemui menderita masalah ini. Tidak perlu khawatir dengan masalah ini, karena sebagian lidah geografis akan hilang dengan sendirinya. Meskipun demikian, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter apalagi jika terjadi peradangan.

Penyebab lidah geografis hingga saat ini belum diketahui pasti. Hanya sekitar 1-3 persen orang yang ditemui mengalami masalah ini. Lidah geografis sebagian besar akan menghilang dengan sendirinya. Namun, sebaiknya periksa ke dokter, apalagi jika terjadi peradangan.

2. Lidah Hitam Berbulu

Masalah aneh selanjutnya yang ditemui pada bagian lidah adalah lidah yang berwarna hitam dan memiliki bulu. Masalah ini ternyata disebabkan oleh banyaknya pertumbuhan bakteri dan jamur di areal mulut sehingga terjadi penumpukan pada papila.

Selain itu, lidah berwarna hitam ini juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu kebiasaan merokok, terlalu banyak konsumsi kopi, dehidrasi, sering menggunakan antibiotik, dan buruknya kondisi kebersihan mulut. Namun, kondisi ini tidak terlalu membahayakan kesehatan karena dapat dicegah. Yakni dengan menyikat gigi yang benar dan membersihkan lidah serta dengan mengkonsumsi banyak air putih.

3. Lidah Pecah-pecah

Lidah pecah-pecah sering dialami oleh banyak orang. Bahkan banyak di antara mereka yang menyamakan dengan sariawan. Namun, sebenarnya lidah pecah-pecah dan sariawan itu berbeda. Pada kondisi ini, permukaan atas lidah akan terlihat seperti retak. Lidah pecah-pecah ini lebih sering ditemukan pada laki-laki dan 80 persen terjadi pada anak down syndrome. Penyebab dari masalah yang satu ini masih belum diketahui. Namun tidak perlu khawatir dengan kondisi ini karena lidah pecah-pecah bukan merupakan pertanda dari penyakit tubuh. Selain itu, tidak diperlukan perawatan khusus pula untuk mengatasi lidah pecah-pecah ini.

4. Leukoplakia

Leukoplakia adalah masalah pada lidah yang ditandai dengan munculnya bercak putih tebal. Bercak putih tersebbut tidak hanya muncuk pada bagian lidah saja, akan tetapi juga menyebar pada bagian dalam pipi dan gusi. Belum diketahui pasti penyebab dari leukoplakia, akan tetapi diduga karena kebiasaan merokok. Meskipun tidak berbahaya, namun adanya gejala leukoplakia sering kali dihubungkan dengan gejala awal munculnya penyakit berbahaya yaitu kanker. Untuk itu, sebaiknya segera memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter.

Itulah empat masalah aneh yang menyerang lidah. Jika tidak ingin mengalami masalah aneh ini, maka usahakanlah untuk menjaga kebersihan lidah dan rongga mulut dengan cara menggosok gigi minimal dua kali sehari. Selain itu, hindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersuhu ekstrem. (Viva/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here